VO BACELL MUSLIM

Beranda » Keluarga Muslimah » Anak Perempuan Adalah Bagian Dari Ayahnya

Anak Perempuan Adalah Bagian Dari Ayahnya

Salah satu cara orang tua memenuhi kebutuhan emosional anak perempuannya adalah seperti cara yang dicontohkan oleh Rasulullah saw, yaitu memberikan keyakinan kepadanya bahwa dirinya adalah bagian dari diri sang ayah.

Ketika si anak marah karena sesuatu yang benar, maka sang ayah juga akan mendukungnya, jika si anak bahagia, maka sang ayah juga akan merasa bahagia, jika si anak sedih, maka sang sang ayah juga akan ikut bersedih.

Ada sebuah hadits shahih yang diriwayatkan dari Miswar bin Makhramah, ia berkata,

“Pernah Ali bin Abi Thalib berniat meminang anak perempuan Abu Jahal, lalu Fathimah mendengar kabar tersebut, lalu ia datang kepada sang ayah, Nabi Muhammad saw untuk melaporkan hal tersebut, ia berkata kepada Rasulullah saw, “Kaum mengira bahwa Rasulullah saw tidak marah demi putri- putrinya, Ali ingin menikahi anak perempuan Abu Jahal.” Mendengar pengaduan dari putrinya (bahwa Ali r.a akan menikahi anak perempuan Abu Jahal yang kafir dan menjadi musuh Allah,pent),beliau lalu berdiri, ketika meminta persaksian, aku mendengar beliau berkata, “Amma ba’du, aku telah menikahkan Abu al ‘Ash bin Rabi’, ia mengatakan sesuatu kepadaku dan ia memenuhi apa yang ia katakan kepadaku tersebut. Sesungguhnya Fathimah adalah bagian dariku, dan aku tidak suka jika seseorang menyakitinya. Demi Allah, tidak akan berkumpul putri Rasulullah saw dengan putri musuh Allah di bawah naungan satu laki-laki.” Lalu Ali bin Abi Thalib membatalkan pinangannya tersebut.”
(HR. Bukhari)

Sumber : Buku “Tarbiyyatul Banaat fil Islaam”.
Penulis : Abdul Mun’im Ibrahim.
Penerbit : Maktabah Awlaad Syekh lit- Turaats, 1423 H/ 2002 M.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: